Jumat, 11 September 2009

Tipe & Trik Opera

Akhirnya, setelah ngomogin sana sini tentang Opera browser, Tidak sedikit orang yang mengubah browsernya jadi opera. Yah.. daripada firefox, tentu saja opera jauh lebih bagus. Tapi tunggu dulu... Kok orang2 yg hijrah ke opera tidak bisa sepenuhnya menggunakan fitur opera ya? wah.. bisa bahaya nih.. Atas dasar (dasar kok di atas???) inilah saya menempel postingan ini di blog saya. Berikut ini tips & trik Menjadikan Opera browser menjadi 120% lebih powerful daripada Opera standard.

Syncronize
File > Syncronize adalah fitur yang memungkinkan user untuk menyimpan bookmark, history, speedial, dsb secara online. Sehingga di warnet manapun, anda tidak akan kehilangan situs yang telah anda bookmark sebelumnya.

Session
Bila anda ingin membuka daftar situs yang sama untuk kemudian hari, anda bisa menggunakan fitu session. Dengan fitur ini, anda bisa menyimpan daftar situs yang anda buka dan disimpan untuk dilanjutkan di lain hari.

Trash
Terletak pada bagian paling kiri dari Windows Tab, berisi daftar situs yang telah di-close selama anda menggunakan Opera, sehingga jika ada situs yang secara tidak sengaja di-close, anda dengan mudah tinggal mengambilnya kembali dari daftar trash ini.



OperaStartUp
Pada saat opera dijalankan, Anda bisa memilih apakah Opera secara otomatis akan me-restore halaman terakhir yang dibuka sebelumnya, ataupun langsung menuju homepage.
Kalau anda bingung dengan pilihan ini pilih saja menjadi "Show StartUp Dialog".




Mouse Gestures
Dengan opera anda tidak perlu lagi menekan tombol back, next, reload, open in new tab dan sejenisnya. Karena Opera sudah memiliki fungsi mouse gestures. untuk melihat daftar mouse gestures yang disediakan, klik disini.

Quick Download
Ini adalah fitur yang paling sering dipakai oleh pemilik blog ini. Dengan fitur ini anda bisa mendowload secara cepat tanpa ditanya macam-macam oleh browser. Fitur ini sangat memudahkan anda untuk mendowload file-file dalam jumlah yang banyak. folder tempat menyimpan file download ini bisa disetting lewat menu Tools > Preferences. Jangan lupa untuk menonaktifkan Tab Transfer (Tools > Transfer) menjadi "Never show when starting download"



Images
View > Images ada 3 pilhan yang bisa diambil disini, Show, cached, No Images. Show berarti menampilkan semua gambar, Cached berarti hanya menampilkan gambar yang sebelumnya sudah ditampilkan, dan No Images berarti Mem-blok semua gambar. Pilihan ini sangat berguna untuk koneksi internet yang lambat.



Indetify As
Opera bisa menyamar menjadi Browser lain (Firefox, Internet Explorer, Maupun menjadi Opera sendiri) fitur ini biasanya digunakan apabila sebuah situs hanya bisa dibuka oleh Browser tertentu, misalnya firefox.



Iklan?
Situs banyak iklannya, bikin emosi? diblok aja... Klik kanan pada area kosong, pilih "block contents". Pilih iklan yang ingin di-block, kemudian klik "done" pada bagian kiri atas.



Opera Control Panel
Pada bagian ujung kiri windows tab ada tombol Panel. Panel ini berisi Notes, History, Widget, dll. Tombol ini memudahkan anda untuk mem-manage history bookmark, widget dsb.



E-Mail Client
Firefox punya teman.. teman seperjuangan.. (eh lho kok gini?). Adalah ThunderBird, sebuah email client yang biasa digunakan untuk mendownload email dan membacanya secara offline. Sedangkan opera tidak memerlukan program lain, karena fitur ini sudah tersedia, dan tinggal mengaktifkannya.
Tools > Mail & Chat Account akan ada konfirmasi jawab dengan "Yes"
Pilih Email klik "Next"
Isi data diri anda klik "Next"
Isi login name dan password, Pada email account type, pilih regular email klik "Next", "Finish"
Setelah itu, anda bisa mulai mendownload e-mail anda.

Chatting
Opera juga bisa digunakan sebagai pengganti MIRC. Walaupun saya nggak pernah chatting, saya tetap bahas di blog ini. Buat sharing aja.. (ilmu kan akan abadi apabila kita menurunkannya kan?)
Tools > Mail & Chat Account akan ada konfirmasi jawab dengan "Yes"
Pilih Chat(IRC) klik "Next"
Masukkan email dan nama klik "Next"
Masukkan Nickame klik Next
Pilih Server (biasanya DALnet Asia) klik "Next", "Finish"
Klik tombol "join", Masukkan nama room yang anda inginkan contoh:yogyakarta

Widget
Berbeda dengan extesion-nya firefox yang diload bersamaan dengan Firefoxnya sendiri, widget tidak akan diload ketika opera dijalankan. Dengan begini Opera tetap hemat memori. Untuk menambah widget di Opera, tinggal klik add winget (Widgets > add widget)
Banyak sekali widget yang disediakan di sini, mulai dari temporary email, ramalan cuaca bahkan games.

Skin
Pernah mengganti skin Mozilla Firefox? cobalah mengganti skin Opera (Tools > Appearance) banyak skin yang bisa didownload, dan gratis tentunya.

Setelah men-setting berbagai fitur diatas, anda terpaksa meninggalkan warnet, jadi? settingnya hilang dong? Ya, iya lah, kalau di warnet pasti hilang dong. Untuk menghidari hal ini, saya sarankan pembaca sekalian untuk memakai OperaUSB, ataupun OperaPortable

Tidak ada komentar: