Rabu, 29 April 2009

GE Kembangkan Optical Disc 500GB



SAN FRANSISCO - Hingga saat ini, tak dipungkiri cakram optik masih dilirik sebagai media penyimpanan yang paling banyak digunakan. Tak heran jika General Electrics (GE) juga tergiur untuk mengembangkan media penyimpanan tersebut.

Dilansir BBC, Selasa (28/4/2009), GE tengah mengembangkan cakram optik berkapasitas 500 gigabyte (GB). Jumlah tersebut diperkirakan setara dengan 100 keping DVD.

Disk seukuran cakram DVD itu, menggunakan teknologi micro holographic yang membuatnya berbeda dari media penyimpanan cakram lain seperti Blu-ray dan DVD yang hanya menyimpan data di permukaan disk.

Kendati demikian, GE menyatakan disk berkapasitas ekstra besar itu rencananya ditujukan untuk penyimpanan arsip-arsip data di industri. Tapi tak tertutup kemungkinan jika cakram micro-holographic itu akan beredar di pasaran ritel.

Pengembangan cakram kapasitas 500 GB itu cukup mencengangkan, mengingat media penyimpanan berupa disk, seperti Blu-Ray maksimal hanya mampu menampung sekira 25 GB dan 50 GB. Micro-Holographic disk mampu menyimpan data-data yang berukuran besar seperti video HD (high definition) dan film 3D.

"Membawa cd mikro holographic ke pasar consumer merupakan tujuan kami selanjutnya," kata Brian Lawrence, seorang ahli komputer yang ikut mengembangkan disk micro-holographic tersebut.

Tidak ada komentar: